Receptions



Kata pengantar
Tak ada kata yang patut kami ucapkan selain mengucapkan syukur alhmadulilah kepada ALLAH SWT yang tiada henti-hentinya selalu melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua,sehingga blog untuk bidang keahlian akomodasi perhotelan dapat terselesaikan dengan lancar tanpa hambatan apapun.
Saya harap dengan dibikinnya blog ini dapat memberikan manfaat bagi semua pembaca khususnya untuk akomodasi perhotelan.
Blog ini dapat terselesaikan berkat dukungan orang tua dan teman teman terdekat. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih atas dukungannya semoga amal baik mereka mendapat pahala disisi Allah SWT.

















Receptions
·       receptions
receptions Adalah salah satu bagian dari kantor depan yang bertugas di front desk melayanin segala permintaan tamu.

·       Tugas dan tanggung jawab receptions
Reception mempunyai tugas dan tanggungjawab yang penting dalam menunjang tujuan dari sebuah hotel karena bagian ini banyak berhubungan langsung dengan pengunjung dan tamu hotel. Rincian tugas bagian reception yaitu:
1.    Menyambut tamu tiba
2.    Memproses pendaftaran tamu
3.    Mempersiapkan kedatangan tamu dan menentukan kamar utuk tamu
4.    Menangani kunci kamar tamu
5.    Menjawab telepon dengan cepat dan ramah
6.    Menangani permintaan tamu selama menginap seperti pindah kamar & sleep out
7.    Berkoordinasi dengan bagian lain untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu
8.    Menyelesaikan permasalahan tamu yang berhubungan dengan produk dan pelayanan hotel
9.    Membuat laporan yang berhubungan dengan tamu & kamar seperti laporan tingkat hunian kamar, laporan tamu yang menginap di hotel




Prosedur check-in
1.    Salam dan menyambut tamu
2.    Tawarkan  batuan
3.    Tanyakan kepada tamu apa sudah memesan kamar atau belum
4.    Tanyakan nama lengkap tamu
5.    Tanyakan kepada tamu
- berapa lama tamu akan menginap
          - untuk berapa orang
          - berapa kamar
      6.     Cek kamar yang tersedia
      7.     Menjelaskan harga kamar
      8.     Menawarkan tipe/ukuran kasur
      9.     Menawarkan kamar yang bisa digunakan untuk merokok atau tidak bisa merokok
      10.   Menawarkan jenis pemandangan dalam kamar
      11.   Memberikan formulir registrasi
      12.   Menanyakan kartu nama
      13.   Meminta tamu untuk menandatangani  formulir registrasi
      14.   Menanyakan jenis pembayaran
      15.   Memberikan kartu tamu selama menginap di hotel
-memberikan kartu makan
-memberikan kartu minuman selamat datang
-memberikan kunci kamar tamu
     16.    Menjelasakan hotel fasilitas
     17     Menjelaskan prosedur check-out
     18.    Menanyakan barang bawaan tamu
     19.    Menawarkan tamu apakah membutuhkan porter untuk   mengantarkan ke kamar
     20.    Menanyakan tamu apakah ada yang diinginkan lagi
     21.    Menanyakan apakah mempunyai permintaan khusus
    22.     Dan terakhir salam penutup

Semoga blog ini memudahkan anda dalam belajar mengenai perhotelan terutama dibagian receptions 


created : Asri Rahmadani

Komentar

Postingan Populer