Bahasa Indonesia ( cara membuat laporan)




Pengertian laporan

Disini ada yang tau engga apa itu laporan ?
Ya,Laporan ialah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang berhubungan secara struktural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang diberikan.laporan juga sebagai bukti pertanggungjawaban bahwaan/petugas atau tim/panitia kepada atasannya atas pelaksanaan tugas yang diberikan. Isi laporan tersebut harus memuat data yang tepat dan benar serta objektif dan sistematis sehingga dapat dijadikan ukuran untuk membuat pertimbangan dan keputusan.
Sistematika laporan ilmiah
Laporan ilmiah dapat berbentuk naskah atau buku karena berisi halaman-halaman yang terperinci berkaitan dengan dat-data yang akurat dan lengkap.
1.     Bagian awal laporan,terdiri atas :
·         Halaman judul : judul, maksud, tujuan penulisan, identitas penulis, instansi asal, kota penyusunan, dan tahun
·         Halaman pengesahan
·         Halaman motto/semboyan
·         Halaman persembahan
·         Prakata
·         Daftar isi
·         Abstak : uraian singkat tentang isi laporan
2.     Bagian isi laporan :
·        Bab 1 pendahuluan berisi tentang
1)      Latar belakang
2)      Identifikasi
3)      Pembahasan masalah
4)      Rumusan masalah
5)      Tujuan dan manfaat
·         Bab 2 : Kajian pustaka
·         Bab 3 : Metode
·         Bab 4 : Pembahasan
·         Bab 5 : Penutup

3.     Bagian akhir :
A.    Daftar Pustaka
B.     Daftar lampiran
C.     Indeks : Daftar istilah

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat laporan
1.     Menetapkan tujuan laporan
Pembuat laporan harus tahu, untuk apa laporan itu dibuat dan untuk siapa.
2.     Menentukan bahan laporan
Bahan-bahan laporan yang dapat digunakan adalah:
·        Surat-surat keputusan
·        Notulen hasil rapat
·        Buku-buku pedoman
·        Hasil kegiatan
·        Hasil penelitian
·        Hasil diskusi
3.     Menentukan cara pengumpulan data
Cara pengumpulan data yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut
·        Membuat petunjuk pelaksanaan bagi peneliti yang menjelaskan sasaran dan penyesuaian kegiatan
·        Melaksanakan wawancara
·        Mengumpulkan dokumen pelaksanaan kegiatan
·        Penyusunan daftar pengecekkan untuk melihat data yang ada dan yang tidak ada
4.     Mengevaluasi data
·        Data yang telah dikumpulkan dievaluasi untuk dibuat kesimpulan
5.     Membuat kerangka laporan
·        Kerangka laporan dibuat sesuai dengan sistematika laporan

semoga blog ini bermanfaat buat anda dalam membuat laporan dan dalam pembelajaran anda ....

created :@asrirhmdhni

Komentar

Postingan Populer